Berbagai Informasi Tanda serta Ciri-Ciri Orang Hamil Muda | 2 Minggu | 1 Bulan | 2 Bulan

Rabu, 18 Maret 2015

Penyebab Gusi Berdarah Saat Hamil

Penyebab Gusi Berdarah Saat Hamil - Ketika terjadi proses kehamilan perubahan hormon yang terjadi cukup progresif pada tubuh si calon ibu. Aktivitas hormonal tersebut bisa memberikan efek bermacam macam mulai dari timbulnya rasa pusing, mual dan muntah, mudah merasa lelah, bahkan terjadinya gusi berdarah.

Mungkin belum banyak yang tahu apa hubungan antara terjadinya kehamilan dengan gusi berdarah.

Penyebab Gusi Berdarah Saat Hamil
Penyebab Gusi Berdarah Saat Hamil

Penyebab gusi berdarah saat hamil tidak lepas dari pengaruh aktivitas hormon progesteron. Sebenarnya hormon progesteron memiliki fungsi salah satunya mempersiapkan dinding rahim atau endometrium untuk menyambut proses kehamilan dimana akan terjadi pertumbuhan janin atau bayi.

Kembali ke ulasan utama gusi berdarah saat hamil memang tidak selalu terjadi namun pada beberapa kasus keluhan seperti ini bisa dialami oleh ibu hamil. Ketika aktivitas hormon progesteron semakin tinggi itu akan mempengaruhi sirkulasi darah ke area gigi juga gusi.

Situasi ini menjadikan gigi dan gusi lebih rentan mengalami infeksi gingivitis juga gusi berdarah. Apabila gigi dan gusi mengalami infeksi maka secara langsung ini bisa berdampak buruk bagi perkembangan dan pertumbuhan janin yang ada di kandungan.

Selain bisa mengganggu pertumbuhan dan perkembangan pada janin terjadinya infeksi pada gigi dan gusi di masa kehamilan juga sangat berisiko mengakibatkan bayi lahir prematur.

Apa penyebab bayi lahir prematur dalam situasi seperti itu? Ketika ibu hamil mengalami nyeri pada gusi itu bisa mengakibatkan terjadinya kontraksi pada uterus atau rahim dan tentu saja situasi ini akan mendorong janin keluar dari rahim atau bisa terjadi ketuban pecah dini [KPD]. Apabila ini terjadi maka besar kemungkinan tindakan yang akan dilakukan adalah operasi bedah caesar.

Untuk menghindari gusi berdarah saat hamil sebaiknya melakukan pemeriksaan menyeluruh ketika kontrol untuk check up kehamilan juga rutin menjaga kesehatan mulut.

Penyebab Gusi Berdarah Saat Hamil Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Admin